"W.I.S.A.T.A"

TANGKUBAN PERAHU



WISATA Gunung Tangkuban Perahu merupakan salah satu objek wisata yang paling populer di daerah Bandung dan sekitarnya . Wajar saja sih, hal ini dikarenakan pemandangan seputar gunung dan kawah Tangkuban Perahu yang indah dan memukau .

Lokasi

Kompleks wisata Gunung Tangkuban perahu berada di kota Lembang dan berbatasan langsung dengan Ciater Subang. Daerah wisata ini mudah sekali untuk di akses . Jika menggunakan kendaraan pribadi, anda bisa menggunakan rute Bandung – Lembang – Ciater . Anda tinggal mengikuti jalan Setiabudhi menuju ke Lembang dan belok ke arah Subang dari Lembang. Anda tidak perlu khawatir tersesat karena banyak rambu informasi disepanjang jalan. Jika menggunakan kendaraan umum, anda bisa naik angkutan kota Stasiun Hall – Lembang, berhenti di terminal Lembang, dan di sambung dengan angkot lembang – cikole . Alternatif lainnya dalah dengan naik elf atau angkutan sejenis ke arah subang dari terminal ledeng di jalan setiabudhi bandung atau dari terminal lembang. Dari arah Bandung, nanti anda akan menemukan jalan masuk ke Tangkuban Perahu di sebelah kiri jalan tepat setelah hutan pinus Cikole

Akomodasi

Tidak terdapat hotel atau tempat menginap didalam kompleks wisata gunung Tangkuban Perahu . tapi anda bisa dengan mudah menemukan penginapan dan hotel yang tidak jauh dari lokasi Tangkuban Perahu . jangan khawatir jika merasa lapar atau haus, banyak pedagang dan kantin tempat istirahat yang menyediakan makanan dan minuman.
Kelengkapan lain seperti Masjid dan kamar kecil tersedia cukup banyak dan bersih .
Berikut ini beberapa gambar seputar objek wisata gunung Tangkuban Perahu

 








Tips Wisata ke Gunung Tangkuban Perahu

Berikut ini kami memberikan beberapa tips bagi anda yang akan berkunjung ke Tangkuban Perahu
  • Bawa makanan dan minuman sendiri jika perlu. Di area kawah utama memang banyak terdapat warung penyedia makanan dan minuman, namun harganya relatif cukup mahal. Ada baiknya anda bawa sendiri .
  • Coba untuk berkeliling di seputar kawah Tangkuban Perahu. Entah kenapa kebanyakan wisatawan hanya berkumpul di area parkir dan sentra oleh-oleh . Area wisata di sebelah kanan kawah menawarkan pemandangan yang lebih cantik sehingga amat layak untuk anda nikmati juga .
  • Disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi (mobil/motor). Dari Gerbang masuk ke daerah kawah tangkuban perahu berjarak sekitar 4 kilometer. Dari gerbang terdapat angkutan menuju lokasi namun harganya cukup mahal dan seringkali merugikan para wisatawan .
  • Bawa payung atau jas hujan. Di musim hujan, anda bisa terjebak hujan yang turun mendadak .
  • Pertimbangkan jika anda bermaksud menuju kawah domas dari kawah utama tangkuban perahu . Entah kenapa seolah-olah ada kewajiban untuk menggunakan jasa guide untuk menuju ke kawah domas dari kawah ratu (kawah utama) tangkuban perahu dengan tarif bisa sampai 100 ribu per jam . padahal jalan menuju lokasi kawah domas menggunakan tangga yang bagus dan mudah dicapai .
  • Jika anda berencana untuk menuju kawah domas, lebih disarankan untuk menggunakan gerbang kawah domas di bagian bawah. Kondisi jalan lebih datar dan juga tidak perlu menggunakan guide silahkan klick info dibawah ini.